Apa Itu Amandel (Tonsil)

Pagi Semua Sobat Blogger :
Setiap manusia memiliki dua kelenjar disebut amandel yang terletak di bagian kiri dan kanan rongga mulut (orofarinks) atau bahasa mudahnya pangkal lidah. Ia berfungsi menyaring virus dan bakteri dari memasuki saluran pernafasan, sekaligus menjadikannya satu dari sistem pertahanan tubuh.




Namun, tonsil kadang gagal melaksanakan fungsinya saat tidak lagi mampu menahan serangan virus dan bakteri. Akibatnya, tonsil mengalami peradangan atau inflamasi, membengkak dan bisa mencapai ukuran besar sehingga bisa mempersempit jalur makanan, malah mengganggu pernapasan.

Bagi orang dewasa, radang amandel bukan saja melibatkan jaringan tonsil, tetapi juga bagian rongga mulut atau orofarinks.Jika dilakukan pembedahan pada anak, masalah sakit tenggorokan atau demam akibat penyakit tersebut dapat dikurangi, bahkan bisa sembuh total. Namun, untuk orang dewasa, tidak ada jaminan untuk sembuh sepenuhnya.Untuk kasus tonsil yang parah, amandel membengkak dengan ukuran besar sehingga pasien sulit bernafas. Jika menghadapi situasi seperti ini, operasi dilakukan menggunakan metode ‘hot tonsilektomi.

Untuk menghindari risiko terjadinya radang amandel, Anda dianjurkan menjaga kebersihan, terutama tangan. Pastikan tangan benar-benar bersih sebelum memasukkan makanan ke dalam mulut.

Apa Itu Amandel 
Tonsil adalah sejenis jaringan limfoid yang merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh. Jaringan limfoid ini terdiri dari sejenis sel disebut limfosit yang penting untuk bertindak melawan penyakit. Ada 3 jenis tonsil yang terdapat di rongga mulut: -
1. Adenoids – tonsil yang terletak di belakang hidung
2. Lingual tonsils – amandel di belakang lidah
3. Palatine tonsils – amandel di tenggorokan yang kita bicarakan.
Apa itu radang amandel atau Tonsillitis?
Jaringan limfoid adalah bagian dari sistem kelenjar limfatik seluruh tubuh dan area usus yang bisa membengkak jika ada infeksi. Misalnya kelenjar limfatik di leher, bisa membengkak jika terdapat jankitan di dalam mulut misalnya. Pembengkakan ini adalah reaksi terhadap infeksi untuk memproduksi lebih banyak sel untukmelawan penyakit.

Jadi, jika ada infeksi di dalam tenggorokan, sebagai salah satu sistem limfatik, tonsil ini akan menjadi bengkak dan menjadi radang yang disebut tonsilitis atau radang amandel.
Apakah penyebab dan gejala radang amandel.

Tonsilitis dapat disebabkan oleh infeksi virus atau infeksi bakteri di dalam tenggorokan. Infeksi bakteri seperti streptococcus bisa menyebabkan amandel bengkak dan bernanah. Infeksi virus seperti Epstein Barr Virus, adenovirus atau measles bisa juga menyebabkan pembengkakan tonsil ini.
Beberapa gejala radang amandel
1. Sakit tenggorokan yang kadang2 parah
2. Tidak bisa menelan atau sakit saat menelan
3. Demam yang kadang2 sangat tinggi
4. Sakit kepala dan sakit-sakit badan
5. Suara garau atau hilang suara
6. Kadang-kadang ada bengkak pada leher.
7. Mulut berbau busuk
8. Mendengkur saat tidur
Komplikasi Radang Tonsil
Radang amandel biasanya terjadi di dalam umur 3 tahun ke atas. Anak berumur 2 tahun ke bawah biasanya jarang terkena tonsil ini meskipun tidak terkecuali. Paling sering adalah berumur di dalam lingkungan 5-15 tahun.

Yang sering menjadi masalah bagi orang tua adalah anak yang sering demam akibat tonsilitis. Adakalanya setiap 2 bulan ibu dan bapak akan datang ke klinik karena masalah ini. Ini melibatkan biaya obat dan waktu.
Karena umur yang sering terkena adalah dari golongan umur sekolah, ada anak-anak yang terpaksa mengambil cuti panjang dari sekolah karena masalah ini. Ini menyebabkan anak-anak ketinggalan di dalam mata pelajaran dan menyebabkan hasil ujian tidak beberapa memuaskan. Anak yang sering sakit akan merasa rendah diri dan pertumbuhannya juga bisa terganggu.

Tonsilitis kebanyakan tidak berbahaya. Ada kasus terpisah infeksi bakteri yang menyebabkan septikemia atau kuman yang menyebar ke dalam pembuluh darah. Ada juga yang mengaitkan infeksi amandel ini dengan penyakit Acute glomerulonephritis (sejenis infeksi ginjal) dan rheumatic fever (penyakit bawaan sejenis bakteri yang bisa menyebabkan masalah jantung).

“Sleep apneoa” atau penyakit berhenti bernapas saat tidur bisa disebabkan oleh pembekakan tonsil yang sangat besar sehingga mengganggu pernapasan. Biasanya ia dikaitkan dengan tidur mendengkur dan kesulitan bernafas saat tidur.

Perawatan Radang Tonsil.
Pada kebiasaanya, saya cuma memberi obat lozenges atau hisap untuk meredakan sakit. Thymol gargle atau Difflam gargle juga bisa diberikan untuk mengurangi peradangan dengan cara berkumur (untuk anak-anak yang bisa). Saya juga pernah menemukan dengan teman dokter yang memberikan peptidase atau papase untuk mengurangi bengkak tonsil tetapi bagaimana effektifnya saya pun tidak yakin.

Ada juga yang memberi obat tahan sakit seperti paracetamol atau ibuprofen untuk tujuan menahan sakit.
Obat antibiotik akan diberikan jika amandel itu disebabkan oleh infeksi bakteri. Biasanya antibiotik yang diberi adalah dari jenis penicillin seperti amoxycillin atau ampicillin. Kadang-kadang saya juga memberi antibiotik dari jenis cephalosporin atau erythromycin. Saya sangat jarang memberi antibiotik bertenaga nuklir seperti Zithromycin atau Augmentin karena saya menerapkan prinsip memberi antibiotik yang sederhana dahulu sebelum memberikan yang kuat.

Pembedahan membuang tonsil atau tonsillectomy adalah jalan terakhir untuk menghindari radang amandel dari berulang-ulang. Ada pendapat ahli yang menyatakan bahwa membuang tonsil bisa mengurangi sedikit sistem pertahanan tubuh. Karena, pembuangan tonsil perlu dilakukan secara berhati-hati.
Untuk tujuan itu, Anda harus berkonsultasi dengan pakar ENT untuk pakar memutuskan membuang tonsil. Pakar ENT memiliki metode-metode dan perkara2 yang harus diteliti sebelum operasi dilaksanakan dan pasien harus memenuhi kriteria-kriteria tertentu seperti infeksi amandel yang sering seperti 3 episode infeksi setahun selama 3 tahun berturut-turut dan beberapa kriteria lain. Pembedahan adalah singkat dan biasanya anak-anak cuma duduk selama 2-3 hari di dalam wad sebelum diizinkan pulang setelah operasi jika tidak demam dan tidak pendarahan.

Demikianlah info seputar Apa Itu Amandel (Tonsil), semoga bermanfaat, terima kasih..!!
Title : Apa Itu Amandel (Tonsil)
Description : Pagi Semua Sobat Blogger : Setiap manusia memiliki dua kelenjar disebut amandel yang terletak di bagian kiri dan kanan rongga mulut (orofar...

0 Response to "Apa Itu Amandel (Tonsil)"

Posting Komentar

link adfly