Makanan Sehat Pencegah Diabetes

Diabetes mellitus adalah salah satu penyakit yang harus diwaspadai sejak dini. Penyakit yang di Indonesia dikenal dengan istilah kencing manis ini adalah kelainan metabolik yang disebabkan oleh banyak faktor, dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein.
Ikan
Asam lemak omega-3 dalam ikan tuna, kembung, atau salmon, akan memperbaiki resistensi insulin.

Pare
Sayuran pahit dari keluarga labu ini bermanfaat menurunkan tekanan darah dan efektif menurunkan kadar gula darah. Namun, mengonsumsi pare jangan berbarengan dengan obat penurun gula darah, karena gula darah bisa menurun drastis dan ini tidak baik bagi penyandang diabetes.

Apel
Buah ini memiliki kandungan pektin yang tinggi. Pektin adalah zat yang dipercaya dapat membantu menurunkan kebutuhan tubuh akan insulin. Bagi yang masih sehat, mengkonsumsi sebuah apel sehari, dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 28 persen.
Brokoli
Kromium yang dikandung brokoli merupakan mineral penting untuk membantu pengaturan insulin dan gula darah. Akan lebih baik jika brokoli dimakan mentah atau setengah matang.
Gandum
Gandum utuh kaya akan berbagai vitamin dan mineral, serat, juga karbohidrat kompleks yang akan membantu menjaga gula darah tetap stabil, karena diserap tubuh secara perlahan.

Kayu Manis
Zat aktif di dalam kayumanis, yaitu MHCP (methylhydroxy-chalcone polymer) diyakini memiliki efek menyerupai insulin, dan bekerja secara sinergi dengan insulin di dalam sel-sel. Namun masih diperlukan studi lebih lanjut untuk membuktikan efek kayumanis ini.

Cabai
Menurut laporan hasil studi di Journal of Clinical Nutrition, para peneliti Australia menemukan bahwa konsumsi cabai dapat membantu menurunkan kadar gula darah setelah makan. Kandungan antioksidan, karotenoid, dan vitamin C cabai juga membantu memperbaiki pengaturan insulin.

Kacang-kacangan
Mereka yang rajin mengonsumsi kacang-kacangan sedikitnya satu genggam kacang perhari memiliki prevelensi 5 persen lebih rendah mengalami sindrom metabolik, salah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2, seperti yang disampaikan tim peneliti dari Louisiana State University.

Salmon
Menurut American Diabetes Association, diabetes berpeluang menyerang dua kali lebih besar kepada orang dengan penyakit jantung. Diet tinggi Omega-3 dianjurkan bagi orang-orang yang bersiko diabetes dan penyakit jantung. Salmon adalah satu dari sekian banyak sumber makanan hewani yang kaya akan Omega-3. Omega-3 membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan mencegah pengerasan pembuluh darah.

Stroberi
Baru-baru ini para ilmuwan di Inggris berhasil menemukan bahwa buah stroberi dapat membantu tubuh mengaktifkan protein yang menurunkan lipid darah dan meningkatkan LDL (kolesterol baik) yang dapat mencegah berkembangnya penyakit diabetes tipe 2.
Pisang
Serat dalam pisang dapat mengontrol gula darah, dengan cara memperlambat proses pencernaan dan penyerapan gula sehingga kadar gula naik secara perlahan-lahan. Pisang dapat dimasukkan dalam menu harian/mingguan

Buncis
Buncis merupakan makanan tinggi serat, protein dan kaya akan vitamin. Kandungan serta dalam buncis dibutuhkan tubuh dalam melancarkan saluran pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah yang dapat memperburuk penyakit diabetes.

Teh Hijau
Selain dikenal sebagai teh pelangsing tubuh, kandungan flavonoid teh hijau berguna mencegah peradangan kronis yang disebabkan makanan berlemak, tidak pernah berolahraga, dan pola hidup tak sehat lain yang dapat mengakibatkan gangguan organ hati. Jika organ hati mengalami gangguan maka dapat menggagalkan kemampuan tubuh dalam menyerap gula darah.

Air Putih
Untuk pencegahan diabetes, dan banyak penyakit lain, dianjurkan minum 2-2,5 liter air putih/hari (30 cc/kg berat badan). Banyak minum akan membuat banyak berkemih, sehingga endapan gula darah atau endapan kristal yang dapat membentuk batu ginjal, terbuang ke luar dari tubuh.
Mengkudu
Buah buruk rupa yang banyak bijinya dan banyak mengandung air ini, dapat dimanfaatkan untuk mencegah dan mengobati daibetes. Zat proxeronine yang dikandungnya diketahui dapat memperbaiki sel-sel beta pankreas yang rusak, serta memperbaiki reseptor insulin yang tidak berfungsi dengan baik.

Teh
Kandungan kafein pada tanaman ini sangat rendah tidak seperti pada kopi, sehingga relatif aman diminum. Justru kandungan lain di dalamnya, yaitu zat xantin dan polifenol, berkhasiat mengatur kadar insulin dalam darah dan mampu meningkatkan sensitifitas sel terhadap insulin. Teh terasa segar diminum saat panas atau dingin, dicampur gula pasir atau gula batu. Untuk pencegahan diabetes, sebaiknya dikonsumsi tanpa gula. Agak sedikit pahit, tapi berkhasiat.
Bawang Putih
Zat aktif APDS (allyl propyl disulphide) dan allicin pada bawang putih, bila dikombinasikan dengan flavonoid akan bekerja baik dalam menurunkan kadar glukosa. Sedangkan bila dikombinasi dengan vitamin B1 (tiamin), allicin akan merangsang pankreas untuk melepaskan insulin. Bawang putih bisa dikonsumsi satu siung sehari dengan cara direbus, atau dicampurkan dalam sayuran atau sop. Khusus untuk bawang putih ini tidak hanya bermanfaat untuk pengobatan diabetes, tapi juga sejumlah penyakit berbahaya lainnya, seperti penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan kanker. Untuk lebih jelasnya, baca artikel ini: 10 khasiat dan manfaat bawang putih.

Title : Makanan Sehat Pencegah Diabetes
Description : Diabetes mellitus adalah salah satu penyakit yang harus diwaspadai sejak dini. Penyakit yang di Indonesia dikenal dengan istilah kencing m...

0 Response to "Makanan Sehat Pencegah Diabetes"

Posting Komentar

link adfly